Download Kisi-kisi UKG Kejuruan SMK

Rekan guru SMK belum melaksanakan UKG Online, rencananya akan dilaksanakan pada gelombang 2 bulan Oktober nanti. Apakah anda sudah memiliki kisi-kisi UKG Online. apabila anda kesulitan dalam mengunduh kisi-kisi UKG Online untuk Materi Kejuruan SMK dari ukg.kemdikbud.go.id, maka anda dapat mengunduhnya melalui link-link berikut ini. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.



----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Pengumuman Hasil PLPG UNY Gelombang 5 sd 8

Walaupun sempat mengalami down namun setelah website http://sertifikasiguru.uny.ac.id dapat kami akses kembali akhirnya kami dapat mengunduh hasil PLPG Gelombang ke-5 s.d. ke-8. Rayon UNY Yokjalarta sebagai berikut ini:

Daftar Hasil PLPG Tahap 5-8 UNY


Bagi Peserta PLPG yang tidak lulus akan diadakan Ujian Ulang 1 pada:
Hari,Tanggal: 1 September 2011
Waktu : 09.00 - selesai
Tempat: Kampus Universitas Negeri Yokjakarta


Sedangkan untuk Hasil Ujian Ulang 1 PLPG Gelombang 1 s.d. 4 adalah sebagai berikut:


Bagi Peserta PLPG yang tidak lulus akan diadakan Ujian Ulang 2 pada:
Hari,Tanggal: 1 September 2011
Waktu : 09.00 - selesai
Tempat: Kampus Universitas Negeri Yokjakarta

sumber: http://sertifikasiguru.uny.ac.id
semoga bermanfaat
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Lagi-lagi Website Panitia PLPG Down

Pengumuman hasil PLPG merupakan sesuatu yang sangat di nanti-nanti. Seperti pengumuman yang sebelumnya terdapat banyak sekai peserta PLPG yang harus mengulang, jadi menjadikan mereka penasaran untuk segera melihat pngumuman tersebut. Seperti tulisan yang terdahulu "Pengumuman PLPG Rayon UNY Yogjakarta" Pengumuman hasil PLPG Kemendiknas gelombang 5 s.d. 8 yang rencananya akan diumumkan sebelum lebaran, DIUNDUR menjadi hari Selasa, 28 Agustus 2012 (hari ini).
Namun apa yang terjadi, karena kebanjira pengunjung, website Universitas Negeri Yogjakarta UNY yang beralamatkan di http://sertifikasiguru.uny.ac.id/. TIDAK DAPAT DIBUKA.
Berikut pesan error pada website tersebut:
Info terbaru:
Pengumuman Hasil PLPG UNY Gelombang 5 sd 8

Apabila hal ini juga terjadi di beberapa website panitia PLPG di perguruan tinggi-perguruan tinggi lainyya.
Jadi harap bersabar ya...
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Diklat Guru Online Dimulai 2013

Uji Kompetensi Guru UKG secara online telah dilaksankan, walaupun belum semua guru mengikuti serta masih banyak kekurangan baik dalam system maupun penyelenggaraanya. Namun UKG online akan dijadikan sebagai tonggak sejarah untuk pelaksanaan Diklat Guru Online Tahun 2013nanti. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini maka diklat guru secara online merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kompetensi guru yang jumlahnya sangat banyak saat ini.
Dengan adanya diklat guru secara online diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru, serta yang paling penting guru tidak sering meninggalkan tugasnya di kelas, karena apabila dilaksankan secara online, maka maeri-materi diklat dapat dilaksankan di sela-2 tugas mengajar maupun pada waktu guru di rumah.

Berikut ini kutipan beritanya dari http://www.jpnn.com

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menindaklanjuti hasil pemetaan terhadap Uji Kompetensi Guru (UKG). Tindaklanjuti ini dilakukan dengan menyelenggarakan pendidikan dan latihan secara daring (online) pada 2013.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Syawal Gultom mengatakan, materi diklat dirancang berdasarkan hasil pemetaan meliputi proses mempelajari materi, melatihkannya, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan untuk mengukur perubahan kompetensi pada guru.

"Nanti uji kompetensi tidak berhenti di sini. Kita punya 2.979 TUK (tempat uji kompetensi) dan laboratorium komputer aktif yang bisa digunakan untuk diklat online. Jadi nanti uji kompetensi ini akan dilanjutkan dengan diklat online," terang Syawal di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (14/8).

Menurut Syawal, Diklat secara daring dilakukan karena keterbatasan dana untuk menyelenggarakan diklat secara tatap muka dengan jumlah guru yang banyak . Padahal, kata dia, semua guru wajib melakukan pembinaan keprofesian secara individual maupun kelompok, oleh diri sendiri maupun oleh pemerintah.

"Yang paling mahal diklat itu kan tatap muka langsung. Kalau modul interaktif komputer atau online system tidak terlalu mahal. Jadi bisa menjangkau semua guru nantinya," katanya.

Lebih jauh Syawal menambahkan, Diklat tersebut akan dilakukan secara terus menerus untuk memenuhi kompetensi minimal. Perancangan diklat berbasis analisis UKG yaitu adalah pada kesulitan yang dialami oleh guru dan kompetensi-kompetensi apa saja skor guru rendah. Kemudian, pada indikator apa guru mengalami kelemahan.

"Diklatnya ini dikumpulkan guru yang mengalami kelemahan yang sama. Jadi lebih efisien. Tidak mengulang materi yang sebetulnya sudah dikuasai guru. Itu tindak lanjut diklat nanti di 2013," ucapnya

----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Pengumuman Hasil PLPG Rayon Undiksha Bali

PENETAPAN KELULUSAN PESERTA PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) KEMENDIKBUD KUOTA TAHUN 2012 RAYON 121 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA BALI dapat anda lihat pada link-link berikut ini:

01. SK KELULUSAN PLPG 2012
02. PENGUMUMAN KELULUSAN PLPG 2012
03. KABUPATEN BADUNG
04. KABUPATEN BANGLI
05. KABUPATEN BULELENG
06. KOTA MADYA DENPASAR
07. KABUPATEN GIANYAR
08. KABUPATEN JEMBRANA
09. KABUPATEN KARANGASEM
10. KABUPATEN KLUNGKUNG
11. KABUPATEN TABANAN
sumber: http://www.undiksha.ac.id
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Pengumuman PLPG Rayon UNY Yogjakarta

Saat ini anda dapat melihat Pengumuman Hasil PLPG untuk Rayon 111 UNY Universitas Negeri Yogjakarta untuk gelombang 1 s.d. 4 yang dapat anda download disini. Untuk gelombang 5 s.d. 8 masih menunggu sebentar lagi.
Pengumuman Tahap 1 s.d. 4


Info terbaru dari http://sertifikasiguru.uny.ac.id/
Kepada Yth.
Peserta PLPG Sertifikasi Guru Rayon 111 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
di tempat.

Dengan hormat,
Berdasarkan hasil rapat terbatas Panitia Sertifikasi Guru Rayon 111 pada hari Jum'at tanggal 17 Agustus 2012 diputuskan akan hal-hal sebagai berikut :

1. Pengumuman hasil PLPG Kemendiknas gelombang 5 s.d. 8 yang rencananya akan diumumkan sebelum lebaran, DIUNDUR menjadi hari Selasa, 28 Agustus 2012.

2. Pengumuman hasil Ujian Ulang I untuk peserta PLPG Gelombang 1 s.d. 4 yang rencananya akan diumumkan sebelum lebaran, DIUNDUR menjadi hari Selasa, 28 Agustus 2012.

3. Ujian Ulang ke-1 bagi peserta yang belum lulus pada PLPG Kemendiknas gelombang 5 s.d. 8 direncanakan akan diselenggarakan pada hari SABTU, 1 September 2012.

4. Ujian Ulang ke-2 bagi peserta yang belum lulus pada ujian ulang ke-1 (untuk peserta PLPG Kemendiknas gelombang 1 s.d. 4) direncanakan akan diselenggarakan pada hari SABTU, 1 September 2012.

4. PLPG Gelombang ke-9 bagi guru-guru Kemenag, direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 4-14 September 2012.

Yogyakata, 17 Agustus 2012
Panitia

Info terbaru:
Pengumuman Hasil PLPG UNY Gelombang 5 sd 8
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Pemutakhiran Data Peserta UKG Gelombang 2

Berkaitan dengan adanya UKG Gelombang 2 maka akan diadakan pemutakhiran data peserta UKG. Berikut kutipan beritanya dari http://ukg.kemdikbud.go.id.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan UKG online gelombang kedua pada bulan Oktober 2012. Peserta UKG online akan dilakukan validasi dan verifikasi data terlebih dahulu oleh Badan PSDMPK-PMP melalui LPMP dan Dinas Kabupaten/Kota. Peserta diharapkan melakukan pemutakhiran datanya di dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Data-data yang harus di cek kebenarannya meliputi No Peserta Sertifikasi, NUPTK, Mata Pelajaran Yang akan diujikan, jenjang dan TUK (tempat Uji Kompetensi). Pemutakhiran data sangat penting agar pada saat ujian peserta dapat mengikuti ujian dengan soal yang sesuai dengan bidang sertifikasinya. Pemutakhiran data peserta di dinas pendidikan kabupaten/kota serentak akan dimulai pada tanggal 15 September - 16 September 2012
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Pengumuman Hasil PLPG Rayon 115 Universitas Negeri Malang

Berikut ini Pengumuman Hasil PLPG Rayon 115 Universitas Negeri Malang. Ada peserta yang lulus dan ada juga yang harus mengikuti Ujian Ulang. silakan lihat lihat informasi berikut ini yang kami kutip dari http://psg15.um.ac.id/. Ujian Ulang I akan dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 September 2012 di kampus UM.Peserta Ujian Ulang hanya mengikuti ujian pada salah satu hari saja.
Ada 3 macam ujian yang diadakan, sama dengan pada PLPG yaitu: Ujian Tulis Nasional (soal obyektif), Ujian Tulis Lokal (soal subyektif), dan Ujian Praktek Mengajar.
Ada peserta yang mengikuti salah satu ujian, dua ujian, atau ketiga ujian, tergantung pada bagian mana yang belum mencapai batas kelulusan. Harap peserta memperhatikan dengan cermat materi ujian, waktu ujian (tanggal dan jamnya), dan lokasi ujian. Denah lokasi akan kami tampilkan sebelum ujian dilaksanakan.

Berikut ini file pengumuman, dikelompokkan sesuai wilayahnya. Silahkan klik pada link yang sesuai.
  1. Jawa Timur di wilayah kerja PSG Rayon 115: Kab. MadiunKab. MagetanKab. NgawiKab. PacitanKab. PasuruanKab. PonorogoKab. TrenggalekKota BatuKota MadiunKota MalangKota Pasuruan
  2. Jawa Timur di luar wilayah kerja PSG Rayon 115, yang mengikuti PLPG di UMKab. Bangkalan,Kab. BanyuwangiKab. BlitarKab. BondowosoKab. GresikKab. JombangKab. KediriKab. LamonganKab. MalangKab. NganjukKab. PamekasanKab. SidoarjoKab. SumenepKab. TulungagungKota BlitarKota KediriKota ProbolinggoKota Surabaya
  3. Jawa Tengah, yang mengikuti PLPG di UMKab. BoyolaliKab. BrebesKab. PatiKab. Pemalang,Kab. PurworejoKab. SukoharjoKota PekalonganKota SemarangKota SurakartaKota Tegal
  4. NTB, yang mengikuti PLPG di UMKab. Lombok TengahKab. Lombok TimurKota BimaKota Mataram
  5. NTT, yang mengikuti PLPG di UMKab. AlorKab. BeluKab. SikkaKota Kupang
  6. Sulawesi, yang mengikuti PLPG di UMKab. BanggaiKab. Luwu UtaraKab. LuwuKab. Maros,Kab. Parigi MoutongKab. PinrangKab. TakalarKab. WajoKota MakassarKota Palu

Selamat bagi yang lulus, dan untuk yang masih mengikuti Ujian Ulang mohon mempersiapkan diri dengan baik.



--aasss
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Pengumuman Hasil PLPG Rayon 106 UNP

Kami ucapkan selamat bagi anda peserta PLPG Universitas Negeri Padang yang lulus, berikut ini Pengumuman Hasil PLPG Rayon 106 Universitas Negeri Padang UNP, anda dapat melihatnya pada link-2 berikut ini:
1. Angkatan 1
2. Angkatan 2
3. Angkatan 3
4. Angkatan 4 (new)
5. Angkatan 5 (new)
6. Angkatan 6 (new)
7. PSPL (new)

Untuk angkatan 4,5,6, Bagi peserta yang dinyatakan “L” (Lulus), dan “MP” (Memenuhi Persyaratan), silahkan menunggu panggilan untuk penyerahan sertifikat. Bagi peserta yang dinyatakan “M” (Mengulang), Ujian Ulang I akan dilaksanakan tanggal 2 September 2012.
Ujian dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB di BAAK Universitas Negeri Padang. Selengkapnya akan diumumkan pada pengumuman berikutnya
sumber: http://sertifikasi-guru.unp.ac.id
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Pengumuman Hasil PLPG Tahap 1-4 UNS Surakarta

Bagi anda yang melaksankan PLPG di Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta,Pengumuman Hasil PLPG Tahap 1-4 Kuota Tahun 2012 PSG Rayon 113 UNS Surakarta sudah dapat anda lihat di http://sertifikasi.fkip.uns.ac.id. Dengan memasukan kode peserta atau nama peserta, anda dapat melihat hasil PLPG anda. Selamat bagi anda yang lulus dan jangan besedih bagi anda yang harus mengulang, masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. berikut hasil capture apabila saya memasukan salah satu nama, maka apabila ada nama yang sesuai akan terlihat apakah lulus atau mengulang.

Bagi yang mengulang Peer Teaching ,dilaksanakan hari Senin, 27 Agustus 2012 Mulai Pukul 07.00 WIB, Lokasi Gd. A FKIP UNS Kentingan atau selengkapnya dapat anda baca pada surat undangan berikut ini:



Catatan bagi yang mengulang:
1. Peserta diwajibkan membawa Surat Tugas, Kartu Identitas, Kartu Tanda Peserta PLPG, Pensil 2B
2. Peserta mengenakan pakaian lengan panjang atas warna putih berdasi dan bawah warna gelap(pria:ceana panjang, putri rok panjang minimum 15 cm di bawah lutut). Khusus peserta penjaskes yang mengikuti ujian ulang Peer Teaching mengenakan pakaian olah raga.
3. Peserta yang mengikuti ujian ulang peer teaching membawa salah saru RPP hasil workshop SSP.
4. Panitia tidak menyediakan tempat penginapan untuk peserta yang mengikuti ujian ulang.
5. Pengumuman ini juga dapat di akses di website: http://sertifikasi.fkip.uns.ac.id
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Kisi-kisi UKG 2012 Error


Dengan adanya refisi kisi-kisi yang makin lengkap di http://ukg.kemdikbud.go.id, khusunya untuk guru SMK maka banya rekan-rekan guru yang ingin mengunduh serta mencetak kisi-kisi tersebut sebagai bahan untuk belajar. Namun setelah diunduh dan akan dibuka ternyata Kisi-kisi UKG 2012 Error dan tidak bisa dibukadengan pesan error dapat anda lihat pada gambar di atas.
Namun kita dapat juga langsung mencetak langsung dari web browser, namun hasilnya tidak memuaskan. Atau dengan cara lain yaitu dengan melakukan print screen per halaman kisi-kisi tersebut, namun bisa di bayangkan kalau yang di print screen jumlahnya 50 halaman lebih, bisa memakan waktu yang tidak sedikit.
Apakah kita harus membacanya langsung secara online??!!
Kami sudah berhasil untuk melakukan capture screen untuk Kisi-kisi UKG Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, anda dapat melihatnya disini.
Semoga pihak admin http://ukg.kemdikbud.go.id segera memperbaiki kesalahan ini, karena waktu UKG untuk Guru SMK semakin dekat saja, amin.

http://penilaian-kinerja-guru.blogspot.com/2012/08/download-kisi-kisi-ukg-kejuruan-smk.html
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Modul Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran

Kemajuan dalam bidang komunikasi dan informasi dewasa ini menuntut adanya sumber daya manusia yang adaptip sehingga tidak ketinggalan dari perkembangan dunia yang semakin menglobal. Perkembangan tersebut juga mengakibatkan berkembangnya teknologi komunikasi pendidikan yaitu penggunaan produk teknologi seperti komputer, LCD, internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pemerintah dalam rangka sertifikasi guru mengadakan program PLPG untuk melatih guru sehingga menjadi guru yang professional dalam mengajar. Dalam rangka mendukung program tersebut, maka buku ajar dengan judul “Pemanfaatan Media Pembelajaran” disiapkan agar dapat dimanfaatkan para guru dalam rangka meningkatkan profesionalitasnya dalam mengelola dan mengadakan inovasi proses pembelajaran.

Buku ini ditulis dari berbagai sumber maupun dari pengalaman kami mengajar bidang komunikasi, media pembelajaran, multimedia serta pengalaman kerja di TKPK / Media Pembelajaran, mengelola UPT Sumber Belajar dan Media UNNES Semarang. Karena keterbatasan waktu, maka pasti masih banyak kekurangan di sana-sini. Oleh karena itu masukan untuk kesempurnaan buku ini sangat diharapkan,

Akhirnya ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan, dan terimakasih kepada teman-teman dosen Teknik Elektro FT UNNES. Semoga buku ini bermanfaat sebagai sumbangan bagi para guru.

Semarang, 23 April 2012
FR. Sri Sartono
Anda dapat membaca Bahan ajar tersebut berikut ini:

----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Contoh Tugas Workshop PLPG 2012

Ini adalah satu tugas pada kegiatan Workshop yang terdapat pada materi PLPG 2012. Dalam tugas ini adalah pembuatan administrasi guru dalam pembelajaran antara lain silabus, RPP, maupun Media ajar. Langsung saja anda dapat melihat contoh sebagai berikut ini.
Contoh RPP:


Contoh Silabus:

Contoh Media Ajar

Contoh ini belum tentu sesuai dengan kondisi di sekolah anda, anda dapat mengembangkannya lagi. Smoga bermanfaat..

Untuk tugas PTK bisa anda lihat disini

----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Total Peserta UKG di Indonesia

Walaupun Uji Kompetensi Guru UKG telah dilaksankan sebagian, namun apakah anda mengetahui jumlah guru yang akan mejalani UKG di seluruh Indonesia? Inilah informasi tentang jumlah total guru yang akan mengikuti UKG 2012 s.d. 2013 yang mungkin akan berguna bagi anda serta memberikan semangat bagi anda untuk mengejakan test online UKG dengan penih semangat serta penuh tanggung jawab.
Datanya silahkan lihat berikut ini:




sumber: http://ukg.kemdikbud.go.id
----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Modul PLPG TIK UNNES

Anda telah melaksankan PLPG di Rayon 112 UNNES Searang, tidak ada salahnya untuk mengunduh modul ini. Khususnya bagi anda guru TIK dan serumpunya. silahkan lihat Modul PLPG TIK di bawah ini:

----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Laporan Hasil Pelaksanaan UKG 2012

Laporan Hasil UKG 2012Anda ingin tahu hasil UKG 2012 yang telah dilaksanakan minggu lalu? Berikut ini berita/laporan pelaksanaan UKG yang kami kutip dari website Kemdikbud: http://kemdikbud.go.id. Mungkin berita ini dapat membuat kita semua belajar lebih giat agar dapat meningkat dan tak kalah pentingnya dapat memandaikan anak didik kita, amin.
berikut kutipannya:

Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru gelombang pertama yang dimulai 31 Juli lalu tetap dilanjutkan. Dari total 4.158 tempat uji kompetensi (TUK), sebanyak 2.344 TUK aktif dan 937 TUK yang akan mulai diaktifkan mulai tanggal 8 Agustus mendatang, sedangkan 877 nonaktif.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, sampai dengan hari ketiga ((1/08) pelaksanaan UKG telah diikuti oleh sebanyak 373.415 peserta. Dari jumalah tersebut sebanyak 243.619 peserta yang datanya sudah diolah. "Memang ada yang ngadat, tetapi prinsipnya jalan. TUK yang tidak jalan distop, sedangkan yang normal tetap berjalan," katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (3/08).

Mendikbud menyampaikan, guru-guru yang direncanakan mengikuti UKG di TUK yang dinonaktifkan tidak perlu datang. Mereka dijadwalkan ulang untuk mengikuti UKG pada gelombang kedua bulan Oktober mendatang.

Mendikbud menyebutkan dari data yang telah masuk rata-rata nilainya 44,55, tertinggi 91,12 dan terendah nol. "Peta in kalau kita lihat dengan UKA (uji kompetensi awal) tidak jauh beda. 4,2.Paling tinggi DIY 51.03," katanya.

Mendikbud merinci, untuk guru kelas sekolah dasar rata-ratanya 40.87, sedangkan untuk Penjaskes 42.59. Sementara mata pelajaran Bahasa Indonesia guru sekolah menengah pertama rata-ratanya paling rendah dibanding mata peajaran lain seperti IPA, IPS, dan matematika. "Ada sesuatu yang harus kita rombak dalam kemampuan bahasa Indonesia para guru kita," katanya. Adapun untuk sekolah menengah atas, mata pelajaran kimia paling rendah 37.9, sedangkan paling tinggi fisika 58,7.

Mendikbud menambahkan, penggunaan bandwith di server pusat hanya 2,34 persen. Menurut Mendikbud hambatan terjadi bukan bandwith di server, tetapi lebih banyak di terminal user. "Solusinya adalah pendampingan pelaksanaan." ujarnya.

----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Modul Pasca UKA dan UKG 2012

Modul berikut ini mungkin bermanfaat bagi anda yang akan mengikuti UKG atau telah melaksankan UKG 2012. Karena modul ini sebenarnya digunakan untuk peserta PLPG yang lulus UK, namun bagi anda yang kemungkinan tidak lulus UKG 2012 bisa memanfaatkan modul ini untuk lebih mningkatkan dalam mata Pelajaran IPA SD.
Untuk meningkatkan kualitas guru, mulai tahun 2012 Badan PSDMPK dan PMP memberlakukan kebijakan baru yaitu (1) semua guru yang akan mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA), (2) Hasil UKA sebagai gambaran kondisi kompetensiguru digunakan sebagai dasar pelaksanaan PLPG. Guru yang dinyatakan belummemenuhi standar minimal UKA diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dan latihan yang di selengarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).
Dalam rangka penyelenggaran diklat guru SD Pasca-UKA agar memenuhi kompetensi yang diharapkan maka dipandang perlu adanya bahan ajar atau modul. Bahan ajar atau modul yang dipersiapkan didasarkan atas hasil analisi kebutuhan para peserta uji kompetensi awal yang belum memenuhi standar minimal UKA.
Lihat Modul IPA SD Berikut ini:

Modul 1 Besaran dan Satuan


Modul 2 Materi dan Perubahannya


Modul 3 Energi dan Perubahannya


Modul 4 Sistem Tata Surya


Modul 5 Fotosintesis


Modul 6 Sistem Organ Tubuh Hewan dan Manusia


Untuk Modul lainnya silahkan lihat pada link berikut ini:
http://sergur.kemdiknas.go.id/index.php?pg=psuka

----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Download Kisi-kisi UKG Kejuruan SMK

Setelah muncul Update Kisi-kisi UKG yang lebih lengkap mata pelajarannya dan juga sudah muncul untuk kisi-kisi kepala sekolah dan pengawas terdapat masalah lagi. Setelah kita membuka situs http://ukg.kemdikbud.go.id/index.php?pg=kisi dan berhasil melakukan unduhan kisi-kisi yang kita inginkan, file yang kita unduh tidak dapat di buka. Jadi kita tidak bisa mencetak file tersebut. Kita hanya bisa mencetak lewat web, itupun hanya bisa per halaman saja, dah hasilnyapun tidak memuaskan, bisa dibayangkan kalau kisi-kisinya ada 40an halaman. Semoga masalah tersebut segera di perbaiki tim UKG Pusat.
Untuk Daftar Kisi-kisi Kejuruan SMK dapat anda lihat berikut ini:


401 Teknik Konstruksi Baja SMK
402 Teknik Konstruksi Kayu
403 Teknik Konstruksi Batu Beton SMK
406 Teknik Gambar Bangunan
414 TRANSMISI TENAGA LISTRIK SMK
415 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik SMK
417 TEKNIK DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK-SMK
421 Teknik Pengelasan
422 Teknik Fabrikasi Logam SMK
423 Teknik Pengecoran Logam SMK
424 Teknik Pemesinan
425 Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri SMK
426 Teknik Gambar Mesin SMK
428 Teknik Alat Berat SMK
429 Teknik Bodi Otomotif SMK
430 Teknik Ototronik SMK
434 Patiseri SMK
437 Kecantika Kulit SMK
437 Tata Kecantikan Kulit SMK
438 Tata Kecantikan Rambut SMK
445 Agribisnis Ternak Ruminansia Smk
446 Agribisnis Ternak Unggas Smk
449 Agribisnis Perikanan Smk
453 Agribisnis Rumput Laut SMK
456 Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
458 Pengawasan Mutu
460 Desain dan Produksi Kria Tekstil SMK
461 Desain dan Produksi Kria Kulit SMK
462 DP KRIA KERAMIK
463 Desain dan Produksi Kriya Logam SMK
464 Desain Produk Kria Kayu SMK
467 Pemesinan Pesawat Udara SMK
468 Konstruksi Rangka Pesawat Udara SMK
469 Konstruksi Badan Pesawat Udara SMK
470 Air Frame dan Power Plan SMK
471 Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara
472 Kelistrikan Pesawat Udara SMK
473 Elektronika Pesawat Udara SMK
476 TEKNIK KONSTRUKSI KAPAL BAJA SMK
484 Teknologi Pemintalan serat Buatan SMK
485 Teknologi Pembuatan Benang SmkK
486 Teknologi Pembuatan Kain Smk
491 Produksi Grafika SMK
492 Persiapan Grafika Smk
495 Geologi Pertambangan
499 Kontrol Proses SMK
500 Kontrol Mekanik SMK
501 Teknik Instrumentasi Logam SMK
505 Kimia Industri Smk
506 Kimia Analisis SMK
512 Tenik Kapal Penagkap Ikan Smk
521 Teknik Survei Dan Pemetaan Smk
524 Rekayasa Perangkat Lunak SMK
525 Teknik Komputer Dan Jaringan SMK
526 Multimedia
529 Teknik Prod Penyiaran Program Radio
530 Teknik Produksi Dan Penyiaran Program Pertelevisian SMK
533 Teknik Elektronika Audio Video SMK
534 Teknik Elektronika Industri SMK
536 TEKNIK PENDINGINAN DAN TATA UDARA
539-Administrasi perkantoran
540 Akuntansi SMK
543 Perbankan SMK
549 Akomodasi Perhotelan Smk
553 Agribisnis tanaman hortikultura dan pangan
558 Agribisnis Tanaman Perkebunan Smk
560 Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan
565 Animasi Smk
568 Seni Musik Klasik SMK
569 Seni Musik Non Klasik SMK
570 Seni Tari SMKA
571 Seni Karawitan SMK
572 Seni Pedalangan
573 Seni Teater SMK
577 Keperawatan Gigi Smk
586 Teknik Kendaraan Ringan SMK
587 Teknik Sepeda Motor SMK
588 Teknik Konstruksi Kapal Fiber Smk
590 Teknik Penyempurnaan tekstil
591 Garmen SMK
592 Teknik Dan Manajemen Produksi SmK
595 Teknik Produksi Perminyakan SMK
596 Teknik Pemboran Minyak Smk
598 Teknik Mekatronika SMK
599 Teknik Transmisi Telekomunikasi SMK
600 Teknik Jaringan Akses SMK
601 Farmasi Industri Smk
603 Seni Lukis SMK
604 GURU PATUNG
605 Desain Komunikasi Visual-SMK
606 Desain Produksi Interior dan Landscaping SMK
607 Usaha Perjalanan Wisata SMK
608 Jasa Boga SMK
609 Busana Butik SMK
610 Agribisnis AnekaTernak Smk
611 Perawatan Kesehatan Ternak Smk
612 Mekanisasi Pertanian SMK
613 Penyuluhan Pertanian
614 Kehutanan Smk
615 Pemasaran SMk
616 Teknik Furnitur SMK
617 Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK
618 TeknikOtomasi Industri Smk

----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Contoh Soal UKG Kepala Sekolah dan Pengawas

Sebagian guru-guru kelas dan guru mata pelajaran telah melaksankan UKG. Untuk gelombang berikutnya pada awal bulan oktober nanti diadakan UKG untuk Kepala Sekolah, Pengawas dan Guru SMK. Anda dapat melihat kisi-kisi UKG untuk Kepala Sekolah dan Pengawas disini, sedang untuk Guru SMK disini.
Untuk persiapan bahan materi Kepala Sekolah anda dapat membaca disini. Untuk contoh soal dapat anda lihat berikut ini:



untuk materi guru kejuruan smk dapat anda lihat disini:

----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Jadwal Ulang UKG yang Gagal Ujian

Berikut ini surat pemberitahuan tentang penjadwalan ulang peserta UKG 2012 yang tidak bisa mengikuti UKG pada tahap 1 (30 Juli s.d. 12 Agustus 2012) karena masalah sistem UKG. Berikut isi surat dari Badan Pengebangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP).
Bagi guru yang tidak bisa mengikuti test di TUKG di tahap 1, 30 Juli s.d. 12 Agustus 2012, agar dijadwalkan kembali untuk mengikuti test pada gelombang 2 yang akan dilaksanakan pasa tanggal 1 s.d. 6 Oktober 2012
lebih lengkapnya dapat anda lihat pada image berikut ini:



----->>>Baca Artikel Selengkapnya....

Pencarian

Memuat...

Beli Gadget Unik

Inverter DC ke AC
Dapatkan gadget unik lainnya DISINI

Entri Populer

PK Guru 2012. Diberdayakan oleh Blogger.